Wednesday, February 21, 2018

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota


Hallo sobat planners!! Apa sih planners itu? Atau ada yang sudah pernah mendengar istilah Planology? Kali ini kita akan mengenal lebih dekat mengenai ilmu perencanaan wilayah dan kota atau lebih dikenal dengan istilah Planology. Perencanaan wilayah dan kota berasal dari 3 kata yaitu perencanaan, wilayah, dan kota.

Perencanaan adalah penyusunan rangkaian tindakan secara berurut yang mengarah pada pencapaian tujuan (Peter Hall, 1992) 

Wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional (UU no 26 tahun 2007), dan

Kawasan perkotaan adalah kawasan yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi

So, Apa Itu Perencanaan Wilayah dan Kota?

Perencanaan Wilayah dan Kota adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang penataan suatu ruang dengan batas administrasi tertentu. Penataan nya harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada, serta dengan memerhatikan berbagai aspek dan dampak yang ditimbulkan akibat penataan tersebut.

It Looks So Cool, Isn’t it?

Bagi kalian yang hobi main Sim City, jurusan yang satu ini cocok banget untuk mengaplikasikan skill kalian dalam bermain Sim City (di dunia nyata ya tapi hehe) dan bakal membuat kalian merasa menjadi future planner nya sejuta umat (merancang your future juga bisa koq xixix :D). Di jurusan ini, tidak hanya ilmu arsitektur saja yang diajarkan, tetapi disiplin ilmu lain seperti ekonomi, hukum, bahkan politik pun akan dipelajari. Mengapa? Karena dalam merencanakan suatu ruang, tidak hanya mementingkan hasil berupa struktur bangunan nya saja, tetapi bagaimana perencanaan pembangunan tersebut juga memiliki dampak terhadap bidang lain.

Merencanakan Sebuah Kota? Siapa Takut

Jurusan bergengsi yang satu ini sudah tersedia di berbagai universitas di Indonesia lho sobat, seperti  Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, bahkan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

PWK - Universitas Sebelas Maret

Prospek Kerja Lulusan PWK

Dikarenakan jurusan ini mempelajari banyak ilmu, kamu ngga perlu takut ngga kebagian pekerjaan sobat planners, karena jurusan ini adalah jurusan yang fleksibel dalam mencari pekerjaan. Banyak instansi pemerintah maupun swasta yang siap dengan tangan terbuka menyambut kalian lhoh.

Instansi pemerintah


Siapa sih yang gamau jadi pegawai negeri sipil yang gajinya bejibun? Kalo aku sih jelas mau ya! Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Perhubungan, Bappeda, dan masih banyak lagi, sudah pasti siap menampung kalian nih kalian para planner 

Swasta 

Kalian nggamau kerja tersistem? Bekerja di sektor swasta bisa menjadi solusinya sobat! Kalian bisa mendirikan atau bergabung dengan perusahaan jasa konsultan pembangunan (wihh calon kontraktor nihh)

Bidang lain

Siapa yang pernah mendengar slogan “Sharing is Caring”? Dosen, tenaga ahli, atau bahkan speakers di bidang ilmu kelingkungan bisa juga jadi referensi nih sobat.


Wah luas banget yaa bidang pekerjaan seorang planner? Sudah pasti dong. Dan usut punya usut, Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia yang bergerak di bidang perencanaan wilayah dan kota lho sobat, otomatis semakin besar juga kan peluang bagi kalian


Selain banyaknya lapangan pekerjaan, masih banyak keuntungan lainnya yang kalian dapatkan di jurusan ini, tetapi tidak kalian dapatkan di jurusan lain lhoh sobat planners! Apa aja sih? Kalian bisa menjadi penghubung langsung antara pemerintah dengan rakyat, kalian bisa menata kota sesuka kalian (eitss tapi diperkirakan dengan matang ya sobat! hehe..), kalian bisa menjadi penampung aspirasi masyarakat dan masih banyak lagi.


So, gimana? Pasti udah ngga ragu lagi kan untuk masuk jurusan ini? Kalau bukan kita yang merencanakan masa depan kita, siapa lagi?

“A goal without a plan is just a wish” – Antoin e de Saint-Exupery


Tentang Penulis

Suci Astin Kurniati atau akrab dipanggil Suci adalah seorang mahasiswi jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota di salah satu universitas ternama di Kota Surakarta. Selain hobi main sim city, cewek kelahiran ’99 ini hobi banget menganalisis masalah yang terkait dengan perencanaan pembangunan sebuah perkotaan. Penyuka musik jazz ini juga hobi travelling, nyanyi, dan tari tradisional lhoh sobat! Aktif menjadi aktivis event dan komunitas-komunitas bidang perencanaan perkotaan, serta aktif menjadi social media strategist adalah kesibukan yang sedang ia jalani.




Contact

Line : suciastin26; Ig : suciastink; Email : suciastin26@gmail.com 

Terimakasih telah membaca artikel ini. Kunjungi selalu Ilmu Hexa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang pendidikan. Semoga Bermanfaat

Sangat suka dengan menulis dan mencoba hal baru. Fokus di dunia blog dan desain grafis. Sedang berusaha menjadi blogger yang baik. Kunjungi blog saya di www.ilmuhexa.blogspot.com :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Lebih Dekat Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

0 Komentar:

Post a Comment

close
close
close