Saturday, January 21, 2017

Kumpulan Tembang Macapat

Tembang macapat adalah tembang atau puisi tradisional yang menceritakan tentang tahap-tahap kehidupan manusia. Filosofinya menggambarkan tentang kehidupan seorang manusia dari lahir, mulai belajar di masa kanak-kanak, saat dewasa, hingga akhirnya meninggal dunia. Tembang macapat merupakan salah satu tembang atau lagu daerah paling populer di Jawa. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenati tembang macapat dapat membaca artikel Teges, Jenis, Paugeran, Watak, lan Falsafah Tembang Macapat.


Tembang macapat mempunyai sebutan tembang cilik (kecil). Tembang macapat yang berarti lagu ini mempunyai karakteristik yang berbeda dari setiap jenisnya. Ciri-ciri tersebut diantaranya dari Guru Gatra, Guru Lagu, dan Guru Bilangan (wilangan). Kali ini Ilmu Hexa akan memberikan Kumpulan Contoh Tembang Macapat

Kumpulan Tembang Macapat

Berikut adalah Kumpulan Tembang Macapat

1. Gambuh

Tembang macapat Gambuh merupakan salah satu tembang macapat yang berisi tentang berbagai ajaran kepada generasi muda, khususnya mengenai bagaimana menjalin hubungan antara manusia satu dengan yang lainnya. Untuk melihat contoh Tembang Gambuh, dapat melihat disini.

2. Pangkur

Pangkur berasal dari kata mungkur / mundur, yang artinya sudah mundur dari hawa nafsu dunia. Untuk melihat contoh Tembang Pangkur, dapat melihat disini.

3. Megatruh

Megatruh berasal dari kata "Megat-Roh", roh atau nyawa yang sudah keluar dari badan / raga, yang artinya sudah tutup usia/meninggal dunia. Untuk melihat contoh Tembang Megatruh, dapat melihat disini.

4. Pocung

Kata pocung (pucung) berasal dari kata ‘pocong’ yang menggambarkan ketika seseorang sudah meninggal yang dikafani atau dipocong sebelum dikuburkan. Untuk melihat contoh Tembang Pocung, dapat melihat disini

Kata dhandhanggula berasal dari kata “dandang” dan “gula” yang berarti sesuatu yang manis. Tembang ini memiliki filosofi menggambarkan tentang kehidupan pasangan baru yang sedang berbahagia karena telah berhasil mendapatkan apa yang diimpikan. Untuk melihat contoh Tembang Pocung, dapat melihat disini.


Terimakasih telah membaca artikel Kumpulan Tembang Macapat. Kunjungi selalu Ilmu Hexa untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan. Semoga Bermanfaat.

Sangat suka dengan menulis dan mencoba hal baru. Fokus di dunia blog dan desain grafis. Sedang berusaha menjadi blogger yang baik. Kunjungi blog saya di www.ilmuhexa.blogspot.com :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Tembang Macapat

0 Komentar:

Post a Comment

close
close
close