Tuesday, October 11, 2016

Materi Imperialisme dan Kolonialisme

Ilmu Hexa Penjelasan materi sejarah kelas 11 tentang Imperialisme dan Kolonialisme
Kali ini, Ilmu Hexa akan memberikan wawasan baru tentang materi sejarah kelas 11 semester 1, yaitu tentang Imperialisme dan Kolonialisme. Berikut adalah materi Imperialisme dan Kolonialisme. Selain intu, kami juga menyediakan materi ini dalam bentuk power point yang akan dibagikan di bawah

Imperialisme dan Kolonialisme

Pengertian Imperialisme

Imperialisme berasal dari kata imperium (bahasa latin) yang artinya memerintah. Menurut KBBI, imperialisme adalah sistem politik yang bertujuan menjajah negara lain untuk mendapatkan kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar.

Imperialisme merupakan suatu sistem penjajahan yang dilakukan dengan jalan membentuk pemerintah jajahan dengan menanamkan pengaruh segala bidang kehidupan dan mengendalikan daerah yang dijajahnya.


Baca Juga 
Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia

Macam Imperialisme berdasarkan kurun waktunya

Berdasarkan kurun waktunya, imperialisme dibagi menjadi dua, yaitu Imperialisme Kuno dan Imperialisme Modern

1.     Imperialisme kuno

  • Berlangsung sebelum terjadinya revolusi industri 
  • Tujuannya adalah 3G yaitu Gold (kekayaan) , Glory (kekuasaan) , dan Gospel (menyebarkan agama) 
  • Negara-negara yang memelopori imperialisme kuno adalah Portugis dan Spanyol 
2.       Imperialisme modern
  • Berlangsung setelah revolusi industri.
  • Tujuannya adalah 2G yaitu Gold dan Glory.
  • Negara yang memelopori imperialisme modern adalah Inggris

Pengertian Kolonialisme

Koloni berasal dari kata colonia (bahasa latin) yang artinya tanah pemukiman (jajahan). Menurut KBBI, kolonialisme adalah paham tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah atau bangsa lain dengan maksud untuk memperluas negara itu.

Jadi, Koloni berarti pemukiman suatu negara di luar wilayah negaranya yang kemudian dinyatakan sebagai bagian wilayahnya.

Macam-macam Kolonialisme

  1. Koloni eksploitasi, yaitu penguasaan suatu daerah untuk dikuras habis kekayaan alam dan tenaga penduduknya (kerja paksa) untuk kepentingan negara penguasa.
  2. Koloni penduduk, yaitu penguasaan suatu daerah baru, dengan cara menyingkirkan atau memusnahkan penduduk asli atau pribumi yang digantikan oleh pendatang yang menyebabkan kedudukan penduduk asli terabaikan.
  3. Koloni deportasi, yaitu daerah koloni yang dipakai sebagai tempat buangan para narapidana yang sudah tidak dapat ditangani lagi oleh pemerintah. Mereka kebanyakan para kriminal yang dihukum seumur hidup. Dan mereka dijadikan pemerintah tenaga buruh yang tidak dibayar daripada dihukum seumur hidup.

Perbedaan dan persamaan Imperialisme Kolonialisme

Secara umum dan continue bahwa perbedaan dan persamaan Imperialisme dan Kolonialisme adalah

Kolonialisme bertujuan untuk menguras habis sumber daya alam dari negara yang bersangkutan untuk diangkut ke negara induk.

Imperialisme bertujuan untuk menanamkan pengaruh pada semua bidang kehidupan negara yang bersangkutan.

Persamaan kolonialisme dan imperialisme adalah akan membuat negara penjajah menjadi makmur, sementara yang dijajah semakin menderita.

Imperialisme kuno dan modern

Imperialisme kuno muncul sebelum terjadinya revolusi industri di eropa. Negara-negara yang memelopori imperialisme kuno adalah Portugis dan Spanyol. Ciri-cirinya adalah mengeruk kekayaan alam daerah jajahan tanpa adanya balasan. Ciri yg paling menonjol dari imperialisme kuno adalah semboyan 3G gold, gospel dan glory. Gold adalah untuk mencari kekayaan, gospel untuk menyebarkan agama nasrani dan glory untuk mencari kejayaan.

Sementara itu, imperialisme modern muncul setelah terjadinya revolusi industri di Inggris abad 18. Inggris sebagai pelopor imperialisme modern. Tujuannya yaitu 2G yaitu Gold dan Glory. Ketika revolusi industri, banyak bermunculan pusat-pusat industri di Inggris khususnya tekstil. Karena Inggris tidak dapat mengekspor hasil industrinya ke negara eropa lain yang juga punya industri, maka Inggris mencari daerah jajahan untuk mengekspor barang-barang industrinya yang surplus (kelebihan produksi. Selain itu juga mencari sumber daya alam untuk bahan produksi industrinya. Jadi, imperialimse modern sudah meninggalkan semboyan 3G.

Download Materi Imperialisme dan Kolonialisme

Bagi yang ingin mendownload materi ini dalam bentuk Power Point, dapat mendownloadnya di link berikut

link download materi imperialisme dan kolonialisme, ilmu hexa, ilmuhexa, kelas 11, sejarah
Download Power Point Imperialisme dan Kolonialisme

Terimakasih telah membaca artikel Power Point Materi Sejarah Kelas 11 Semester 1 Imperialisme dan Kolonialisme. Kunjungi selalu Ilmu Hexa untuk mendapat wawasan terbaru tentang pembelajaran di sekolah. Semoga Bermanfaat.

Sangat suka dengan menulis dan mencoba hal baru. Fokus di dunia blog dan desain grafis. Sedang berusaha menjadi blogger yang baik. Kunjungi blog saya di www.ilmuhexa.blogspot.com :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Materi Imperialisme dan Kolonialisme

0 Komentar:

Post a Comment

close
close
close